5 Gejala Patah Tulang Pinggul yang Perlu Segera Diatasi

 

Patah tulang menjadi salah satu kondisi yang harus segera diatasi secepatnya demi kesehatan tubuh. Termasuk patah tulang panggul yang bisa menimbulkan nyeri hebat. Biasanya kondisi ini juga harus diatasi dengan tindakan operasi tulang pinggul agar bisa kembali ke fungsi tubuh yang normal. Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, maka penting sekali untuk mengenali gejala apa saja yang muncul.

Gejala Patah Tulang Pinggul

Pada dasarnya tubuh kita memang sangat pandai dalam merespon segala bentuk kondisi abnormal. termasuk saat terjadi patah tulang, biasanya akan langsung ada beberapa gejala yang bisa dirasakan oleh tubuh. Berikut adalah 5 gejala yang muncul saat Anda mengalami patah tulang pinggul:

1. Muncul Rasa Nyeri yang Hebat

Saat terjadi patah tulang pinggul, jelas sekali bahwa Anda pasti akan merasakan nyeri yang sangat hebat. Nyeri ini merupakan gejala wajar yang terjadi saat tulang patah. Biasanya dalam kondisi seperti ini nyeri akan terasa di bagian pinggul atau selangkangan. Nyeri ini bahkan akan semakin bertambah parah jika kondisi tersebut tidak segera diatasi.

2. Kesulitan Berdiri

Orang yang mengalami patah tulang pinggul juga biasanya akan kesulitan untuk berdiri. Dalam kondisi seperti ini biasanya pasien tidak bisa berdiri atau bahkan bertumpu menggunakan tungkai di bagian pinggul yang cedera saja akan terasa sulit. Jadi jelas sekali bahwa patah tulang pinggul sudah pasti akan mengganggu aktivitas dan produktivitas Anda sehari-hari.

3. Tidak Bisa Menggerakkan Tungkai

Patah tulang pinggul juga biasanya akan disertai gejala tidak bisa menggerakkan tungkai. Anda pasti akan kesulitan untuk mengangkat, menggeser, bahkan memutar bagian tungkai. Sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter. Jika memang terjadi patah tulang, maka bisa segera dijadwalkan tindakan operasi tulang pinggul agar kondisi tidak memburuk.

4. Muncul Memar dan Bengkak

Gejala lain yang bisa Anda jumpai saat terjadi patah tulang pinggul adalah muncul memar dan bengkak. Sebenarnya dua kondisi ini adalah gejala wajar yang akan muncul saat patah tulang. Tentu saja jika tidak segera diatasi, maka memar dan bengkak yang muncul bisa jadi semakin parah.

5. Tungkai Pinggul Jadi Bengkok

Anda juga bisa menemui gejala berupa tungkai pinggul yang jadi bengkok ke sisi luar. Tentu tungkai yang dimaksud di sini adalah tungkai di pinggul yang mengalami cedera. Jadi memang bisa dilihat langsung apakah kondisi tulang pinggul memang sedang bermasalah atau tidak. Apalagi oleh dokter yang sudah memiliki banyak pengalaman.

Saat terjadi patah tulang pinggul, Anda sebaiknya segera berkonsultasi dan memeriksakan diri. Jika memang perlu tindakan operasi, maka Anda bisa meminta dokter untuk mengaturnya sebaik mungkin. Selain itu jika dibutuhkan tindakan seperti operasi penggantian sendi panggul maka bisa dipersiapkan lebih jauh lagi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.