Tetap Produktif dan Kreatif Meskipun Jadi Ibu Rumah Tangga

Wanita memiliki berbagai peran ketika sudah menikah. Menjadi ibu, menjadi istri, dan menjadi dirinya sendiri. Ketika wanita memilih menjadi ibu rumah tangga, hal tersebut tentu bukanlah sebuah jalan buntu. Menjadi ibu rumah tangga juga bisa tetap produktif dan kreatif loh! Modalnya hanya dengan pasang internet di rumah. Karena dengan adanya internet di rumah, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendukung kreativitas seseorang, termasuk ibu rumah tangga.

Berikut beberapa ide agar ibu rumah tangga bisa berkreasi dan tetap produktif.

1. Menjadi Ibu dan Istri Idaman yang Bisa Memasak

Untuk bisa menjadi ibu dan istri yang bisa memasak, saat ini bukan lagi hal yang sulit. Sebab, Ibu bisa mencari berbagai resep masakan yang ingin dicoba melalui internet. Atau jika ibu lebih menyukai sensasi membuka halaman buku resep, ibu juga bisa membelinya di toko buku, baik toko buku offline maupun online. Memang melihat resep dari buku terkesan agak oldiest, tapi bagi sebagian orang ini adalah hal yang menyenangkan.

Untuk yang lebih suka praktis, mencari resep masakan di internet, baik di Google ataupun di aplikasi menjadi pilihan tepat. Selain melihat tulisan, ada juga beberapa Ibu yang lebih senang melihat visual, yaitu dengan melihat beberapa video chef di Youtube lalu menerapkannya di rumah. Alasannya karena merasa lebih mantap jika melihat langsung bagaimana proses pembuatannya.

Setelah ibu mencoba berbagai resep masakan tersebut, ibu bisa mengreasikannya sesuai selera ibu dan keluarga di rumah. Siapa tahu saja, kreasi baru ibu tersebut justru menjadi sebuah resep baru yang bisa ibu bagikan pada orang lain melalui situs resep maupun video memasak.

2. Rumah Indah dihias dengan Makrame

Makrame adalah seni tenun kerajinan tangan yang dibuat dengan membuat simpul-simpul dari tali hingga membentuk rantaian benang dan rumbai. Ketika mengerjakan makrame, pikiran dan perhatian akan terfokus ke kerajinan tangan hingga memunculkan perasaan positif, pikiran pun bisa menjadi lebih segar serta santai.

Makrame biasa digunakan sebagai hiasan dinding, gantungan tanaman, taplak meja, tirai pintu, hingga tempat tidur gantung indoor. Alat dan bahannya cukup sederhana, yaitu tali makrame (tali dari kapas, rami, atau bahan sintetis lainnya), alat pendukung (batang kayu atau cabang pohon), dan gunting. Cara membuatnya bisa dicari di internet, mulai dari membaca artikel hingga menonton videonya di Youtube.

Ibu bisa mencoba menghias rumah dengan kerajinan ini. Selain dapat memperindah ruangan rumah, ibu juga bisa menjadikannya sebagai bisnis sampingan. Misalnya ibu membuat kerajinan dan kemudian mulai memasarkannya melalui sosial media, grup chatting, maupun e-commerce.

3. Menjaga Kebersihan dan Kerapian Rumah

Siapa sih yang tidak suka melihat rumah selalu rapi dan bersih? Namun kenyataannya, menjaga kebersihan serta kerapian rumah bukan hal yang mudah, loh! Bahkan sampai ada beberapa tutorial untuk melakukan bersih-bersih rumah agar efektif dan efisien.

Nah, jika ibu memiliki tips untuk meningkatkan efisiensi waktu serta efektivitas dalam menjaga kebersihan dan kerapian rumah, ibu bisa coba membagikannya melalui internet. Bisa dalam bentuk video maupun artikel tutorial. Misalnya cara cepat membersihkan peralatan masak yang kotor karena minyak, membersihkan noda membandel pada gorden, dan sebagainya.

Selain bisa produktif dan kreatif, ketiga hal di atas juga bisa memberikan manfaat baik bagi ibu dan keluarga, maupun untuk orang sekitar. Jadi, yuk mulai coba menerapkannya dari sekarang!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.